Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Genset

genset baru

 

Genset hadir dengan harga yang berbeda-beda. Antara beberapa genset dengan kapasitas dan spesifikasi yang sama saja, harga bisa berbeda dan bahkan rentangannya bisa cukup jauh. Untuk itu, anda tentu perlu tahu apa saja hal yang memang bisa mempengaruhi harga genset.

Hal pertama tentu saja adalah kapasitas atau daya yang bisa dihasilkan suatu genset. Semakin tinggi output yang disediakan, harga genset tentu akan semakin tinggi. Hal tersebut berkaitan dengan teknis dari kinerja genset. Ketika daya yang dihasilkan semakin besar, tentu ukuran mesinnya saja akan berbeda, dan belum lagi komponen dan teknologi pendukungnnya.

Hal kedua yang turut mempengaruhi harga genset adalah bahan bakarnya. Misalkan saja untuk kategori genset rumah tangga, anda bisa temukan dua jenis bahan bakar yang umum, yaitu bensin dan gas LPG. Harga antara genset dengan bensin dan gas LPG akan sangat berbeda-. Sudah pasti, produk dengan bahan bakar gas akan lebih mahal. Meski begitu, kinerja produknya menjadi lebih bagus dan konsumsi bahan bakarnya pun lebih rendah.

Merk dan kualitas pun turut membuat harga genset berbeda-beda. Antara dua genset dengan kapasitas dan spesifikasi yang mirip, harganya bisa jauh berbeda hanya karena brand atau merk. Hal tersebut karena brand menjadi suatu hal yang menjamin kredibilitas. Orang tentu akan lebih yakin menggunakan produk dari brand yang sudah terkenal dari pada merk yang baru diketahui.

Hal yang tak kalah penting adalah fitur yang disediakan. Dari segi kategori genset silent dan open saja, ada perbedaan harga.Genset slient mempunyai fitur tambahan berupa box dengan peredam. Tambahan itu bisa membuat harga menjadi lebih tinggi. Fitur tambahan lainnya adalah adanya teknologi inverter, kipas pendingin, atau adanya AVR.

Suatu harga genset juga tak lepas dari peran agen dan distributor. Ketika anda membeli di distributor resmi, harga memang bisa lebih rendah karena pihak manufaktur atau pabrik tentu mempunyai ketentuan tersendiri untuk harga. Lain halnya di toko atau tempat lain yang menjual genset, pihak tersebut bisa lebih leluasa mengatur harga produk yang mereka jual. Oleh sebab itu, membeli di agen dan distributor resmi memang menjadi keputusan yang lebih bagus.